Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas VIII SMP Negeri 7 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Salatiga. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal uraian sebanyak 5 butir soal. Berdasarkan analisis data terhadap skor posttest menggunakan uji-t dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 25 diperoleh koefisien Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata skor posttest antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan data empiris hasil penelitian diperoleh rata-rata skor posttest kelas eksperimen sebesar 79,26 dan rata-rata skor posttest kelas kontrol sebesar 68,19, sehingga dapat dikatakan bahwa rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Adapun hasil analisis data terhadap skor N-gain menunjukkan bahwa skor N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan skor N-gain kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC lebih efektif terhadap keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika dibandingkan dengan metode konvensional.
References
As’ari, Abdur Rahman, dkk. 2017. Buku Guru Matematika. SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik, Terj. Nurulita. Bandung: Nusa Media.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Utami, Ratna Widianti, dkk. 2018. Kemampuan Peserta Didik Dalam
Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 5 No. 3, November 2018.
White, Allan L. 2010. Numeracy, Literacy, and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, Vol. 33 No. 2, 2017.