Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Garis dan Sudut

Tira Silvia

Abstract


Penelitian  pengembangan LKPD   berbasis Etnomatematika bertujuan untuk mengetahui kualitas LKPD sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian  yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan  ADDIE yaitu: Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Akan tetapi pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap ke tiga yaitu  tahap pengembangan (development). Penelitian ini  dilaksanakan di SMP N 3 Salatiga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan yang berupa lembar angket respon guru dan angket lembar respon peserta didik, lembar validasi dan lembar angket guru digunakan untuk mengetahui kualitas LKPD yang dikembangkan, sedangkan lembar angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui seberapa besar respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan.Hasil analisis data yaitu (1) hasil validasi LKPD berbasis etnomatematika dari dua validator diperoleh skor aktual 165  dengan kategori sangat valid, (2) hasil lembar angket guru diperoleh skor 39 dengan kategori sangat praktis (3) hasil respon peserta didik terhadap LKPD berbasis etnomatematika diperoleh presentase 80% dengan kategori kuat. LKPD berbasis etnomatematika yang dikembangkan dalam penelitian ini berkualitas baik dan layak untuk di implementasikan.

Keywords


Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Etnomatematika; Garis dan Sudut

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.38-45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tira Silvia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed by

doaj.pnggoogle_scholar_2-removebg-preview.pngmoraref-removebg-preview.png

dimension-removebg-preview.pngWorldCat_Logo_H_Color-removebg-preview.png

garuda-removebg-preview.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats