Analisis Kemampuan Model Pembelajaran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa pada Pembelajaran Matematika
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan model pembelajaran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir siswa kelas XI pada pembelajaran matematika di MA Miftahul Ulum Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan peserta didik di MA Miftahul Ulum Mranggen Demak dengan jumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Guru matematika di MA Miftahul Ulum Mranggen Demak merupakan tipe guru yang efektif. Hal itu terlihat dari semangatnya dalam bekerja, keramahannya kepada siswa sehingga mampu menjadi komunikator yang baik antara guru dengan siswa, melakukan persiapan pembelajaran dengan baik, dan memiliki cara tersendiri dalam mengembangkan keterampilan berpikir siswa. 2) Upaya yang dilakukan guru matematika di MA Miftahul Ulum Mranggen Demak agar siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir siswa diantaranya guru memberikan motivasi, dan memberikan penghargaan kepada siswa. 3) Peran dan tugas guru matematika dalam mengembangkan keterampilan berpikir siswa disini sudah terlaksana dengan efektif, yaitu dengan adanya guru sudah mendidik, mengajar, dan melatih siswa dengan baik, guru mampu menarik simpati siswa sehingga siswa mampu menerima materi yang disampaikan tanpa terpaksa dan mudah dipahami dan siswa mampu mengembangkan keterampilan berpikir.
Kata Kunci: Kemampuan Guru; Keterampilan Berpikir; Pembelajaran Matematika
Abstract
This study aims to describe the ability of teacher learning models in developing class XI learning in mathematics learning in MA Miftahul Ulum Mranggen Demak 2019/2020 Academic Year. This research uses desriptive qualitative methods. The subjects of this study were mathematics teachers and students in MA Miftahul Ulum Mranggen Demak with total of 7 people. Data collection techniques using interviews, and settings. The results of the study are as follows: 1) The mathematics teacher at MA Miftahul Ulum Mranggen Demak is an effective type of teacher. This can be seen from his enthusiasm in working, improving it for students so that they are able to communicate well with the teacher, prepare well for learning, and have a special way of developing student thinking learning. 2) the efforts made by the mathematics teacher at MA Miftahul Ulum Mranggen Demak so that students can communicate in learning to develop student skills that provide motivation, and give appreciation to students. 3) the role and task of mathematics teachers in developing students “thinking skills here has been carried out effectively, namely by having teachers who have educated, taughte and trained students well, teachers are able to attract students” sympathy so that students can receive the material delivered easily and fun and students are able to develop thinking skills.
Keywords: Theacher’s Ability, Thinking Skills; Mathematics Learning
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrohim, Ahim, Aji Erlangga, dan Rizal Yaya. 2007. Teori dan Praktik Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat
Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cetakan Ke-11. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Bahri, Djamarah, Saiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Conny, Semiawan. R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Index
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. UU No.14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas
Depdikbud. 1996. Pedoman Pembnaan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Depdiknas. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri Dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fauziah, Yuli Nurul. 2011. Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V pada Pembelajaran Ilmu Pegetahuan Alam. Skripsi: Universitas Terbuka. Bandung
Fuadi, Fitri Nur Zakiah. Ghulam Hamdu. Dan Desiana Nattalia. 2016. Analisis Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Program S-1 PGSD. Universitas Pendidikan Indonesia. Tasikmalaya
Gede, Raka. 2009. Peningkatan Mutu Guru. Yogyakarta: UNY Pers. Sumaatmadja
Gumawan, Rohman, dkk. 2011. Pengaruh Arus Kas Bebas dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Pemegang Saham dengan Set Kesempatan Investasi dan Dividen sebagai Variabel Moderasi. Yogyakarta: Jurnal Akutansi dan Keuangan
Hendriyani, Rulita. 2008. Orientasi Nilai Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Semarang. Semarang: Univ. Negeri Semarang
Hoetomo. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Pelajar
Hujodo, Herman. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
(KBBI), Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2010. Arti Kata Berpikir. http://kbbi.web.id/berpikir
Koswara, Deni dan Halimah. 2008. Seluk Beluk Profesi Guru. Bandung: Pribumi Mekar
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada
Lawson, B. 2005. How Designers Think. Amsterdam: Elsevier
Mariati. 2006. Pengembangan kreativitas Siswa Melalui Pertanyaan Divergen pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 063.[Online].
Tersedia: http://jurnal.pdii.lipi.go.id./admin/jurnal/12306759773.pdf
DOI: https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.29-37
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Zainatul Maulidiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.