PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN

Aniyatul Jaziroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimental dengan desain pretest – posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VIII A (kelas eksperimen) dan VIII B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan soal dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan uji regresi linear sederhana, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi pola bilangan. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata posttest kelas eksperimen 69,10 dan rata-rata kelas kontrol 53,21. Dari pengujian regresi linear sederhana nilai (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Kemudian didapat nilai koefisien determinasi R Square adalah 0,415, jadi besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 41,5%.

Full Text:

PDF

References


Erwanda, Lidza Yuniar. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Menyusun Workhsheet Siswa Kelas X AK 1 SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Himawan, Khirzul Falah. 2016. Pengaruh Penerapan Model Kooperatife Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mapel IPA Kelas VII MTs Nurussalam Tersono Kab. Batang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islamn Negeri Walisongo: Semarang.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional & Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Erwan Agus dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media.

Putro, Yudha Adi dan Mustapha Kamal. 2013. Analisis Pengaruh Brand Reputation, Brand Competence, dan Brand Liking Terhadap Trust In Brand Pada Konsumen Windows Phone Nokia di Surabaya. Jurnal Studi Manajemen &organisasi. Vol 10 No 2.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i1.3283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by

Moraref-green

 dimension gs

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.