PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN (PAIKEM GEMBROT) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-D MTs NEGERI SALATIGA

Esti Rahayuningtyas, Muhammad Istiqlal

Abstract


This research aimed to increase the interest mathemathics learning and student achievement of class VII-D MTs N 1 Salatiga used PAIKEM Gembrot type.the types of research was Classroom Action Research (CAR). Research was conducted minimal two cycles action. Data wa collected by questionnair, observation, interview, test and documentation.result showed an increase student interest viewed from questionnair, observation, interview  and test. Student achievement incresed to by 42,89 at pre-cycle to 85,53 in cycle I and incresed to 90,53  in cycle II. Therefore suggested to teachers use the PAIKEM Gembrot type to increase student interest and achievement.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, I K dan Amri, Sofan. 2011. PAIKEM GEMBROT. Jakarta: Prestasi Putaka.

Ansor, Ahmad Saiful. 2015. PENERAPAN Model PAIKEM Gembrot untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII C SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung Tahun 2015. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung.

Arifin, Zaenal. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

_________________. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2015.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

______________. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

___________________. 2005. Guru dan Anak dalam Interaksi Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mayura, Evi. 2014. Hubungan Antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI di SD N 20/1 Jembatan Mas. Skripsi tidak diterbitkan. Jambi: Fakultas Keguruan Universitas Jambi.

Octavia, Feni. 2016.Peningkatan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV bagi Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 7 Salatiga Melalui Model PAIKEM Gembrto Semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Purwanto, Ngalim. 2009. Ilmu Pendidika Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_______________. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Rohwati, M. 2010. Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Semarang: Unnes.

Saleh, Abdul Rahman. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: predana Media.

Sari, Ressa Arsita. 2014. Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS di SD GUGUS 1 Kabupaten Kepahiang. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bengkulu.

Siagian, Roida Eva F. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suryabrata, Sumadi. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susilo. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book.

Wiliasari, Herlina Fenty A. A. 2011. Penerapan Model PAIKEM Gembrot dalam Pembelajaran Mengapresiasi Karya Seni Rupa Terapan Nusantara untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Kelas X 2 SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek Semester Genap 2010.2011. Jurnal Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i1.22-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Esti Rahayuningtyas, Muhammad Istiqlal



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats